Cara Membaca Berkas Standar Nasional Indonesia (SNI)

Tips ini terinspirasi dari seorang kenalan yang masih berstatus Mahasiswa yang meminta bantuan untuk mencari data pada berkas SNI. Tentu nya kita harus mendapatkan akses ke berkas tersebut. Setelah mencari di Google akhirnya aku masuk pada salah satu website milik pemerintah yaitu Badan Standarisasi Nasional (BSN) yaitu ;

http://sispk.bsn.go.id/

Sebelum dapat mendownload berkas PDF SNI tersebut, kita di wajibkan membuat akun terlebih dahulu. Sehingga dapat mengakses berkas tersebut

Setelah membuat akun, terjadi kendala dimana berkas yang inginkan tidak dapat di download dan muncul tampilan seperti ini

Cukup kecewa dan merasa frustasi dengan ini, akhirnya aku mencoba cari alternatif lain dan bertemu dengan Artikel berikut;

https://lsigs.com/artikel/cara-mudah-mendapatkan-dokumen-sni/

Artikel tersebut memaparkan beberapa cara untuk mendapatkan akses untuk membaca berkas SNI yang aku dan temanku cari. Kami akhirnya berhasil setelah menggunakan tips ke-2 dari salah satu tips pada artikel tersebut. Berikut paparan langkah yang aku gunakan :

  1. Dimulai dengan membuka website https://akses-sni.bsn.go.id/
  2. Membuat akun terlebih dahulu 1
  3. Aktivasi akun tersebut dengan membuka pesan email dari “aksessni” 2
  4. Buka kembali website “Akses SNI” kemudian Login
  5. Pilih “Baca SNI”
  6. Masukkan kata kunci yang ingin anda cari pada kolom pencarian
  7. Klik ikon kaca pembesar pada bagian kanan berkas anda
  8. Selesai

Sekian curhatan dan tips untuk mendapatkan akses membaca berkas SNI. Apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel ini silahkan berkomentar dibawah dan apabila anda memiliki tips yang menarik terkait SNI bisa juga sharing kepada para pembaca lainnya terima kasih telah membaca artikel ini.

Catatan :

1 Aku tidak dapat login menggunakan akun yang telah aku buat pada website SISPK BSN sehingga harus membuat akun baru lagi pada website AKSES SNI tersebut.

2 Pada kasusku, pesan dari website tersebut masuk pada berkas Spam di Email. Apa hanya aku yang mendapatkan kasus seperti ini ?

Sumber :

https://lsigs.com/artikel/cara-mudah-mendapatkan-dokumen-sni/

Tinggalkan komentar